Selasa, 21 Desember 2010

TUGAS SOFTSKILL (MANAJEMEN)


Tugas Kuliah
1.      Jelaskan pengertian manajemen!
Jawab :
Manajemen adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan SDM dan Sumber Daya lainnya .

2.      Sebutkan dan jelaskan fungsi manajemen!
Jawab :
Ada 4 fungsi manajemen yang utama :

1.      Perencanaan (planning)
Fungsi yang utama dan terpenting, dipakai agar sasaran dan tujuan dapat tercapai di masa yang akan datang. Perlunya perencanaan adalah untuk :
-          Mengidentifikasi peluang masa depan
-          Antisipasi / menghindari masalah-masalah
-          Mengembangkan langkah-langkah strategis
Dalam prakteknya, apa saja yang direncanakan?
-          Produk, berupa : jenis, jumlah, kualitas
-          Dana, berupa : jumlah dan sumber dana
-          Karyawan, berupa : jumlah, keahlian karyawan
Jenis-jenis perencanaan :
Strategis, adalah perencanaan yang berhubungan dengan kelangsungan hidup, maju mundurnya, keberadaan, hasil yang akan dicapai, dan jangka waktu yang panjang suatu organisasi atau perusahaan .
Taktis, adalh perencanaan jangka pendek yang berkenaan dengan kegiatan operasional organisasi atau perusahaan, seperti : membuat anggaran tahunan, memilih metode, dll .

2.      Pengorganisasian (organizing)
Fungsi manajemen yang kegiatannya membagi pekerjaan, mengelompokan pekerjaan, mendelegasikan wewenang, dan mengkoordinasikan aktivitas .
Tujuannya adalah :
-          Setiap individu dapat mengetahui dengan jelas tugas, kewajiban, dan tanggung jawab
-          Agar tebina hubungan yang baik antar anggota organisasi dan antar organisasi

3.      Pengarahan (actuating)
Adalah kegiatan untuk mengarahkan agar semua anggota organisasin melakukan kegiatannya masing-masing yang telah ditentukan .
Bentuk kegiatannya :
-          Berkomunikasi dengan semua anggota organisasi
-          Memberikan pengarahan dan petunjuk
-          Memberikan kepemimpinan
-          Memberika motivasi untuk mendorongh para karyawan



4.      Pengendalian (controlling)
Adalah aktivitas untuk menemukan dan mengoreksi apakah adanya penyimpangan-penyimpangan dari hasil yang telah dicapai, dibandingkan dengan rencana yang telah ditetapkan .

Langkah-langkah pengendalian :
-          Menetapkan standar dan metode
-          Mengukur prestasi kerja
-          Menentukan apakah kerja sudah sesuai dtandar
-          Mengambil tindakan koreksi

3.      Sebutkan keterampilan-keterampilan manajerial yang ada!
Jawab :
Manajer adalah seseorang yang bertanggung jawab terhadap pengelolaan SDM dan sumber daya lainnya untuk mencapai tujuan.

Keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan manajer agar dalam mengelola organisasi atau perusahaan bias efektif adalah :
-          Keterampilan konseptual
Kemampuan untuk mengintegrasikan dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan dan kepentingan organisasi.
-          Keterampilan kemanusiaan
Keterampilan untuk bekerja dengan orang lain, memahami, dan memotivasi mereka.
-          Keterampilan administrasi
Keterampilan untuk menata administrasi organisasi.
-          Keterampilan teknik
Keterampilan untuk menggunakan peralatan-peralatan mesin, teknik dan metode bidang tertentu, seperti : computer, akuntansi, produksi, dll.

4.      Sebutkan dan jelaskan bentuk-bentuk organisasi!
Jawab :
1.      Organisasi garis = lini
Adalah bentuk organisasi dimana terdapat garis kekuasaan dan tanggung jawab dari teratas sampai dengan paling bawah .

Kebaikan :
-          Kesatuan dalam perintah / pimpinan
-          Pengambilan keputusan cepat
-          Solidaritas karyawan tinggi
-          Sederhana, biaya rendah

Keburukan :
-          Sangat tergantung pada satu orang pimpinan
-          Pimpinan cenderung otokratis
-          karyawan sulit berkembang

2.      Organisasi garis & staff
Adalah bentuk organisasi yang banyak dipakai oleh perusahaan besar, daerah usahanya luas,dan kompleks. Pada prinsipnya hampir sama dengan bentuk garis, hanya ditambah staff, yaitu : satu/beberapa orang yang ahli dalam bidang tertentu yang tugasnya member saran/nasehat sesuai bidangnya kepada pimpinan perusahaan, bila mengalami kesulitan dalam menangani masalah yang terjadi. Staff tidak memiliki hak memerintah bawahan.

Kebaikan :
-          Sesuai untuk perusahaan besar
-          Keputusan lebuh rasional dengan adanya staff
-          Dapat mewujudkan “The Right Man in The Right Place”

Keburukan :
-          Organisasi rumit & kompleks
-          Koordinasi sulit diterapkan
-          Jumlah karyawan banyak, sehingga solidaritas kurang & tidak saling kenal

3.      Organisasi fungsional
Adalah bentuk organisasi yang terbagi ke berbagai bidang sesuai fungsi, seperti: pemasaran, produksi, personalia & keuangan, wewenang dan tanggung jawab melekat terhadap proses/fungsi masing-masing.
Setiap anggota fungsi hanya mengerjakan fungsinya, wewenang dan tanggung jawab sangat tegas telah digariskan.

Kebaikan :
-          Pembagian tugas jelas
-          Spesialisasi karyawan dapat dikembangkan & dimaksimalkan
-          Masing-masing fungsi dipegang oleh para ahli

Keburukan :
-          Karyawan dapat menerima perintah dari beberapa atasan
-          Tidak ada kesatuan erintah
-          Makin merasa ahli, akan sulit bekerja sama

4.      Organisasi matrix
Adalah bentuk organisasi dimana perusahaan biasanya mengerjakan 2 pekerjaan, yaitu pekerjaan dasar dan pekerjaan-pekerjaan tertentu. Dalam perusahaan besar & batas toleransi pekerjaan yang singkat maka dipakai bentuk matrix.

Kebaikan :
-          Adanya aktifitas lain yang dikerjakan tanpa mengganggu aktifitas dasar
-          Mendorong inovasi & kreativitas karyawan
-          Mendorong munculnya cara-cara baru, bentuk penyelesaian baru & semangat kerja positif

Keburukan :
-          Munculnya konflik antar fungsi dan karyawan
-          Hanya organisasi tertentu yang dapat memakai bentuk ini
-          Dapat mengganggu aktifitas dasar
-          Biaya mahal
-          Terdapat lebih dari satu atasan

5.      Organisasi Komite
Adalah kelompok formal yang menggantikan para manajer di dalam struktur organisasi

Kebaikan :
-          Keputusan yang diambil lebih baik, karena melalui rapat yang mendalam
-          Keputusan yang diambil merupakan keputusan bersama – obyektif
-          Hati-hati & seksama
-          Terdiri dari para ahli

Keburukan :
-          Keputusan yang diambil lama
-          Kadang pendapat akhir berasal dari anggota komite yang dominan
-          Keputusan kadang kurang efektif karena kompromi

5.      Sebutkan dan jelaskan konsep inti pemasaran!
Jawab :
1.      Kebutuhan
Adalah konsep paling pokok, yang melandasi pemasaran. Kebutuhan adalah segala sesuatu keadaan perasaan yang harus dipenuhi, kalau tidak akan menderita (mati). Seperti : makan, minum, pakaian, dll.
2.      Keinginan
Adalah kebutuhan yang dibentuk oleh budaya, sikap pribadi seseorang. Seperti : orang Indonesia makan padi.
3.      Permintaan
Adalah kebuituhan/keinginan manusia yang didukung daya beli.
4.      Produk
Adalah alat pemuas kebutuhan, keinginan, dan permintaan.
5.      Pertukaran
Adalah keinginan untuk mendapatkan barang & jasa yang diinginkan dari pihak lain dengan memberikan sesuatu sebagai gantinya.
6.      Transaksi
Adalah bentuk pertukaran yang lebih luas, ada nilai-nilai, syarat-syarat, kesepakatan, waktu dan tempat kesepakatan.

6.      Sebutkan dan jelaskan konsep-konsep manajemen pemasaran!
Jawab :


1.      Konsep produksi
“konsumen akan menyukai produk-produk yang murah, jumlah/variasi banyak, dan mudah dijangkau”.
Apa yang dilakukan manajemen?
ð  Efisiensi produksi dan distribusi.
2.      Konsep produk
“konsumen akan senang produk yang mutu, penampilan baik dibanding produk lain”
Sikap manajemen = perbaikan-perbaikan pada produk terus-menerus.
3.      Konsep penjualan
“konsumen tidak membeli produk, karena tidak ada manfaatnya”.
Sikap manajemen = promosi, teknik menjual yang baik.
4.      Konsep pemasaran
“Untuk mencapai sukses maka melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih baik dibandingkan pesaing”.
5.      Konsep pemasaran kemasyarakatan
“tujuan pemasaran bukan untuk memuaskan kebutuhan, keinginan dan permintaan saja, tetapi yang lebih penting bagaimana bias meningkatkan kesejahteraan konsumen dan mayarakat”.

7.      Jelaskan pengertian pemasaran!
Jawab :
-          Menurut Philip Kotler
Pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran.
-          Menurut William J. Stanton
Pemasaran meliputi seluruh system yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang & jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli actual dan potensial.
-          Menurut American Marketing Association
Pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha niaga yang diarahkan pada arus aliran barang & jasa dari pridusen ke konsumen.

8.      Jelaskan tujuan sistem pemasaran!
Jawab :
1.      Memaksimalkan konsumsi
Konsumsi à produksi à kesempatan kerja à kemakmuran
2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen
3.      Memaksimalkan pilihan
Artinya : tersedianya aneka/ragam produk, jumlah, variati, harga, mutu sehingga banyak pilihan.
4.      Memaksimalkan kualitas hidup
Banyak barang/jasa yang bermutu tinggi yang bermanfaat bagi kelangsungan hidup umat manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar